[IMG]

Sensus Penduduk secara online Tahun 2020 (SP2020)

Sabtu, 21 Maret 2020 | Dibaca : 118 kali




Senin (17/02/2020) di Kantor Kecamatan Tabir Selatan diadakan sosisasi sensus penduduk online 2020 oleh BPS Kabupaten Merangin, kepada Kepala Desa Se Kecamatan Tabir Selatan.

Maksud dan tujuan di sosialiasikan sensus penduduk online 2020 Kepada Kepala Desa Se Kecamatan Tabir Selatan, karena kepala desa merupakan bagian  pemerintahan terkecil dilingkup desa dan selalu bersenergi dengan masyarakatnya, tentu dapat memperluas informasi  kepada masyarakat melalui perangkat desa terutama kepala dusun, dan masyakat dapat mandiri dalam artian masukan data keluarga masing-masing di Situs Sensus Penduduk Online. itulah sambutan Camat Tabir Selatan, Kiki Yanita Budi Utama, S.STP, MPA,  dalam pembukaan sensus penduduk online SP2020.


Menurut Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 Tentang Statistik, sensus adalah cara pengumpulan data yang dilakukan melalui pencacahan semua unit populasi di seluruh wilayah Republik Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memperoleh karakteristik suatu populasi pada saat tertentu. Dilansir dari situs resmi Badan Pusat Statistik, berdasarkan peraturan pemerintah No 6 dan No 7 Tahun 1960, sensus penduduk dilaksanakan setiap 10 tahun. Dalam pelaksanaannya, sensus penduduk menggunakan dua tahap, yaitu pencacahan lengkap dan pencacahan sampel. Informasi yang lebih lengkap dikumpulkan dalam pencacahan sampel.

Dimulainya sensus secara online 2020, menjadi salah satu terobosan di 2020. Sebelumnya, sebelumnya BPS menggunakan metode manual untuk sensus penduduk, yaitu mendatangi satu keluarga ke keluarga lainnya.


Dokumen yang perlu dipersiapkan untuk dapat mengetrikan sensus penduduk SP2020 online antara lain; Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), buku nikah atau dokumen cerai/surat keterangan kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika diperlukan.

Cara mendaftar secara online sebagai berikut :

  1. Masuk ke laman sensus.bps.go.id untuk masuk ke Sensus Penduduk Online 2020;
  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK); 
  3. Klik kotak kosong pada captcha, lalu klik Cek Keberadaan;
  4. Jika pertama kali melakukan akses Sensus Penduduk Online, buat kata sandi dan pertanyaan keamanan, kemudian klik Buat Pasword;
  5. Kemudian masuk dengan memasukkan kata sandi yang telah dibuat. Untuk meyakinkan dan tidak terjadi kesalahan, sebaiknya membaca panduan awal terlebih dulu sebelum Mulai Mengisi;
  6. Pilih bahasa yang dikuasai;
  7. Ikuti petunjuk dan jawab seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur;
  8. Pada halaman pertama, penduduk diminta mengisi alamat tinggal keluarga saat ini, seperti provinsi, kota, kabupaten, kecamatan, desa atau kelurahan, RT/RW, dan nomor rumah;
  9. Di halaman selanjutnya, mengisi keterangan kondisi tempat tinggal;
  10. Selanjutnya diminta mengisi data keluarga satu persatu, dimulai dari kepala keluarga, istri, anak, atau anggota lainnya;
  11. Kemudian mengisi data aktivitas sehari-hari;
  12. Kemudian klik Kirim jika semua pertanyaan sudah terjawab;
  13. Unduh dan kirimkan bukti pengisian ke email pribadi yang sebelumnya sudah didaftarkan. 

***kiusya_red


VIDEO TUTOR CARA DAFTAR SENSUS ONLINE SP2020

Video ini menjelaskan cara melakukan sensus penduduk mandiri melalui website http://sensus.bps.go.id/ yang dapat diakses melalui aplikasi browser pada smartphone maupun desktop/laptop. Setiap orang dapat melakukan sensus mandiri pada Sensus Penduduk 2020 .


BERITA LAINNYA

[IMG]
Jumat, 24 April 2020 | Dibaca : 86 kali

Khitan warga SAD Desa Mekar Siswa SMPN 4 Merangin

[IMG]
Rabu, 8 April 2020 | Dibaca : 250 kali

Refocusing Anggaran Desa untuk Penanggulangan Covid-19