[IMG]

Sosialisasi Waspada Covid - 19 di Desa Gading Jaya

Senin, 23 Maret 2020 | Dibaca : 60 kali


 

Camat Tabir Selatan Kiki Yanita Budi Utama, S,STP, MPA (23/03/2020) , Kasi PMD Jarwoto, SE, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa menghadiri rapat koordinasi Pamong Desa di Desa Gading jaya, adapun dalam bahasan rakor Pamong Desa terbsebut yaitu Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa Gading Jaya, 

Kehadiran  Camat Tabir Selatan Kiki Yanita Budi Utama, S,STP, MPA (23/03/2020) Desa di Desa Gading jaya Desa Gading Jaya khusnya sosialiasi waspada covid – 19. Adapun cara pencegahan dini atasi covid-19 adalah :

1. Mencuci tangan dengan benar


Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan;


2. Menggunakan masker

Ada dua tipe masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

  • Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.
  • Masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. Meski demikian, masker ini kurang nyaman untuk dikenakan sehari-hari dan harganya pun relatif mahal. Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

3. Menjaga daya tahan tubuh;

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Bila perlu, Anda juga menambah konsumsi suplemen sesuai anjuran dokter. Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.


4. Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan coronavirus

Coronavirus jenis baru diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut

Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak hingga benar-benar matang. Hindari mengonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar atau busuk.


Mencuci tangan dengan benar memakai sabun  (sumber WHO)



 

BERITA LAINNYA

[IMG]
Jumat, 24 April 2020 | Dibaca : 31 kali

Khitan warga SAD Desa Mekar Siswa SMPN 4 Merangin

[IMG]
Rabu, 8 April 2020 | Dibaca : 172 kali

Refocusing Anggaran Desa untuk Penanggulangan Covid-19